Selasa, 26 Februari 2013

Ruang Luas Berkreasi di Panggung Seni

Posted on 10.25 by Kajian Seni dan Budaya Anak Teknik Universitas Muria Kudus


 Dinamika perkembngan teater kampus di Universitas Muria Kudus (UMK) mendapat respon positif dari pihak petinggi universitas. Pembantu Rektor III UMK Hendy Hendro menilai dunia teater sejalan dengan visi kampus yang mengusung jargon cerdas dan santun.
      Universitas kata dia, telah memberikan ruang luas bagi mahasiswa yang hendak engaktualisasikan diri di dunia seni peran itu. “Ini wujud dukungan kampus untuk kemjuan dunia teater mahasiswa di UMK” katanya.
      Dukungan juga berwujud kucuran anggara untuk mahasiswa yang tergabung dalam kelompok teater kampus. Meski tak merinci berapa rupiah dana yang mengalir untuk mahasiswa itu, Hendy mengaku dana puluhan juta rupiah telah dianggarkan untuk kegiatan mahasiswa.
      Dengan kemudahan izin, dukungan penuh, adanya wadah, serta kucuran dana bagi kelompok teater, kata Hendy, diharapkan semakin memacu mahasiswa untuk lebih bersemangat menciptakan karya.
      Pihaknya berharap mahasiswa pelaku seni bisa berpartisipasi dalam ajang seni antar universitas. Salah satu perlombaan di bidang seni yang bisa diikuti mahasiswa yakni Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas).
      Perlombaan pekan seni itu digelar oleh Badan Pembina Mahasiswa Seni Indonesia (BPMSI), setiap dua tahun sekali. “Mahasisw silahkan berkarya di sana. Selain menggali potensi dan mengembangkan kelompoknya melalui teater kampus, tidak ada salahnya mahasiswa ikut perlombaan untuk mengharumkan nama universitas,” jelasnya.
      Dengan semakin banyak mahasiswa yang berkiprah di luar kampus, Hendy berharap semkin banyak mahasiswa lainnya yang mengikuti jejak serupa. “Bukan hanya prestasi berbuah piagam dan hadiah saja, namun juga mendorong mahasiswa lainnya agar juga termotivasi untuk berprestasi,” paparnya.
      Penilaian serupa meluncur dari Pembantu Dekan III Fakultas Teknik (FT), Hera Setiawan. Menurut dia, teater kampus mempunyai manfaat ganda bagi mahasiswa. Aspek kognitif dan afektif dalam diri mahasiswa bisa terasah seimbang jika tekun mendalami seni peran.
       Karena manfaatnya, fakultas Teknik pun tak ketinggalan memberi dukungan manakala sekelompok mahasiswa fakultas itu membidani lahirnya kelompok teater, Obeng. Dilihat dari namanya pun, nama Obeng identik dengan Fakultas Teknik.
       Hera mengatakan, dukungan diberikan dalam bentuk kemudahan izin pementasan. Sokongan dana pun diberikan. Untuk kemudahan birokrasi, Dosen lulusan UGM ini mendorong awak teater fakultas melebur diri pada struktural Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FT.
      “Memang selama ini Teater obeng menggunakan dana mahasiswa sendiri. Tapi jika mereka mengajukan proposal pengajuan dana, maka pihak fakultas akan mmudahkannya, jika telah memenuhi syarat,” katanya.
      Setali tiga uang, Pembantu Dekan III Fakultas Ekonomi (FE) UMK Febra Robiyanto pun tak kalah memberikan dukungan atas terbentuknya kelompok teater di FE. Coin namanya. Agar tetap bertahan, Febra meminta anggota kelompok teater itu menjaga eksistensinya.
      Minat kuat menjadi modal utama untuk menjaga ksistensi. Untuk mendapat kemudahan kucuran dana fakulta, pihaknya meminta awak Teater Coin menjalin komunikasi yang baik dengan pihak fakultas. Dengan begitu, pihak fakultas lebih tahu secara detail keperluan apa yang dibutuhkan mahasiswa.
Sementara itu, tak semua fakultas di UMK melahirkan kelompok teater baru. Hingga kini, mahasiswa di Fakultas Pertanian (FP)  UMK belum tertarik mendirikan kelompok seni peran itu.
      Belum adanya kelompok teater di UMK ini, menurut PD III FP Supari, bukan berrti pihak fakultas tak memberi dukungan. “Ini murni karena belum ada mahasiswa yang berminat ke sana (membentuk kelompok teater). Terlebih jumlah mahasiswa fakultas pertanian memang sedikit,” jelanya.
      Selin itu, tak banyak mahasiswa setempat yang memiliki pengetahuan dasar di bidang kesenian, terutama seni teater. Semua kegiatan mahasiswa menurut dia positif, sekaligus efektif sebagai ajang promosi baik kampus, maupun universitas.
      “Kami antusias jika ada mahasiswa yang aktif, termasuk membentuk kelompok teater eperti mahasiswa lainnya,” katanya.

Sumber : http://linanalumsari.blogspot.com/2012/06/majalah-peka-edisi-x1x.html

No Response to "Ruang Luas Berkreasi di Panggung Seni"

Leave A Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Like Box FB