Selasa, 26 Februari 2013

PROFIL TEATER OBENG

Posted on 10.27 by Kajian Seni dan Budaya Anak Teknik Universitas Muria Kudus


Salah satu organisasi di kampus Universitas Muria Kudus yang berawal dari rasa ingin berbagi informasi, belajar bersama dan menyalurkan hobi, minat serta bakat mahasiswa teknik pada khususnya dan mahasiswa UMK pada umumnya. Selain itu, didorong dengan rasa gelisah yang begitu kuat karena ingin mempunyai komunitas khusus civitas akademika fakultas teknik yang bergerak dibidang kesenian dan olahraga seperti yang dimiliki  oleh fakultas lainnya di UMK.
Ide dicetuskannya komunitas obeng bertepatan pada tanggal 18 Juli 2010 oleh Hadi Purnomo Cs yang pada waktu itu menjabat sebagai presiden BEM Fakultas tehnik periode 2010/ 2011. Dengan kedudukan yang dimilikinya, tentu saja hal ini mempermudah dalam perekrutan anggota baru.
Penamaan “OBENG” dimaksudkan sebagai simbol karakter mahasiswa fakultas teknik yang berfungsi sebagai alat untuk memperbaiki. Dengan penamaan tersebut diharapkan mahasiswa yang bergabung bisa memperbaiki mental untuk terus berkarya , berproses menjadi lebih baik serta belajar bersama untuk saling berbagi dan bermasyarakat.
Di awal perjalanannya, memang belum benar-benar terbentuk organisasi secara struktural. Namun dalam prosesnya, obeng telah meraih pencapaian pertamanya dibidang olahraga yaitu menjadi juara 1dalam lomba Futsall tingkat Jawa Tengah tahun 2010.
Setelah itu, mulai dibentuklah struktur organisasi obeng yang diketuai oleh Ulin Nuha, mahasiswa dari Fakultas Mesin UMK periode 2011/ 2012. Dengan harapan ingin memperdayakan mahasiswa melalui kajian keilmuan dan minat bakat ( Teater , Keilmuan , Olah Raga , Musik , multimedia, futsall, dll ), proses pun mulai dilaksanakan secara rutin.
Bulan September 2012 Oki Harisandi , mahasiswa FT Teknik Mesin UMK terpilih menjadi ketua obeng yang kedua. Dalam kepemimpinannya, diadakanlah Workshop Obeng pertama pada tanggal 6-8 Februari 2012 di Villa PPRK Muria Kudus sebagai ajang pembekalan materi. Yang kemudian dilanjutkan dengan pentas perdana Obeng yang sekaligus sebagai ikrar perdana Obeng dengan mengangkat naskah yang berjudul "Sang Mandor" karya Rahman Arge di Auditorium UMK pada tanggal 04 April 2012 yang disutradarai oleh Dito Morra, yang notabene anggota dari Keluarga Segitiga Teater Kudus. Dipementasan tersebut, obeng juga unjuk gigi dalam memainkan perkusi yang ternyata mampu menghipnotis para audiens.
Selanjutnya, di bulan Mei 2012 Ahmad Ainun Nadhif, mahasiswa FT Teknik Informatika dipercayai untuk menjadi ketua Obeng yang ketiga. Dalam prosesnya, Obeng mencoba menggarap naskah “DOR” karya Putu Wijaya yang disutradarai oleh Wisnu Dudu Dewo. 

Bulan Desember 2012  , 

No Response to "PROFIL TEATER OBENG"

Leave A Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Like Box FB